Green Building Dengan Sistem Pemeliharaan Yang Efisien

1000x100

Asrinesia.com – Pameran Indobuiltech 2019 yang berlangsung dari 20 – 24 Maret di ICE BSD City, banyak menghadirkan acara. Salah satunya adalah Green Building Forum, bertajuk Designing Innovative and Smart Technologies in Supporting and Operating Green Building.”

Forum   yang mendukung dan mengoperasikan bangunan hijau dengan merancang teknologi inovatif  di Indonesia   ini menampilkan pembicara  Ir. Rana Yusuf Nasir ,  Ahli bangunan hijau dan pendiri Green Building Council Indonesia (GBCI). Tan Boon Kiat,  Direktur Regional, Unit Pemeliharaan Bangunan, MHE-Demag. Johnny Ohisto,  Manajer Produk Senior, PT. MHE-Demag Indonesia.  

Rana Yusuf Nasir mengatakan, “Kita harus memulai desain bangunan  menuju penghematan energi dan bangunan hijau. Konsep green building sudah sangat dibutuhkan saat ini. Setiap bangunan harus dirancang sedemikian rupa agar ramah terhadap lingkungan. Bangunan harus direncanakan dengan menggunakan perangkat penunjang pemeliharaan gedung yang pintar sehingga gedung dapat mencapai parameter efisiensi energi yang disyaratkan.

Dibanding dengan negara-negara lain, Indonesia masih tertinggal jauh dalam penerapan green building. Oleh karena itu,diharapkan kepada pelaku properti, agar membangun gedung yang sangat memperhatikan penggunaan energi karena masih banyak yang membutuhkan. Green building harus dimulai dari sejak dibangun hingga beroperasi gedung tersebut.

Tetapi Rana mengakui, ada peningkatan dalam memahami dan mengaplikasikan green building di Indonesia hingga saat ini, meskipun masih belum terlalu signifikan. Ia melihat adanya peningkatan peserta yang mengikuti training green building, terus bertambahnya gedung-gedung yang mendaftar untuk mendapatkan sertfikasi green building. Disamping itu, pemerintah juga memberikan dukungan dengan mengeluarkan aturan mengenai green building.

Sedangkan  Tan Boon Kiat menyatakan MHE-Demag merupakan perusahaan manufaktur dan distributor material handling. Dalam hal ini Tan Boon Kiat mengatakan “Saat ini pembangunan gedung berkonsep bangunan hijau di ibu kota dan kota besar lainnya semakin meningkat. Oleh karena itu, MHE-Demag, mengambil bagian untuk menyalurkan informasi kepada para pemangku kepentingan seperti arsitek, konsultan mekanikal dan elektrikal dan lainnya mengenai pentingnya memilih perangkat pemelihara bangunan atau building maintenance unit yang berkualitas tinggi dan memenuhi standar internasional.

Salah satu perangkat yang diperkenalkan dalam mendukung gerakan green building adalah gondola. Melalui pemaparannya, Dr. Tan Boon Kiat juga menyajikan beberapa referensi pengerjaan di Asia Tenggara untuk perangkat gondola serta sistem parkir otomatis yang disediakan oleh MHE-Demag, di mana pengunjung Pameran Indobuildtech dapat melihat secara langsung cara kerja dan fungsi sistem parkir mobil otomatis tersebut di product showcase Hall 3A, ICE BSD.

Gondola berstandar internasional dan sistem parkir otomatis yang ditawarkan oleh MHE-Demag di beberapa titik di Jakarta dan Tangerang, telah terbukti dapat membantu pengguna untuk memaksimalkan penggunaan lahan. “Sistem parkir mobil otomatis yang kami tampilkan merupakan jawaban terhadap keperluan lahan yang semakin hari semakin meningkat dibarengi dengan ketersediaan lahan yang semakin terbatas.” Demikian dikatakan Bobby Cangkrama, General Manager Sales MHE-Demag, ditengah tengah acara.

Bobby menambahkan bahwa salah satu tipe sistem parkir otomatis, yakni dengan konsep Automated Guided Vehicle mengusung konsep eco and user friendly, di mana sistem ini memungkinkan kontribusi terhadap pengurangan emisi, karena mesin mobil dalam keadaan tidak aktif pada saat proses pengambilan mobil berlangsung. Selain itu, sistem yang mudah digunakan atau user-friendly menawarkan kenyamanan dan kemudahan bagi para pengguna sistem parkir otomatis.

MHE-Demag beroperasi di beberapa Negara antara lain Myanmar, Australia, Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Papua Nugini, Filipina, Singapura, Taiwan, Timor-Leste, Thailand dan Vietnam. MHE-Demag memproduksi dan menyediakan layanan purna jual untuk overhead crane, hoist, gantry cranes, monorail hoists, slewing jibs, perlengkapan gudang seperti forklift trucks, reachtrucks, power pallet trucks, stackers dan dock levelers, aerial work platform, building maintenance unit untuk keamanan kerja di lokasi yang tinggi, dan juga sistem parkir mobil otomatis. MHE-Demag telah sukses dalam mensuplai 26,000 industrial cranes, 20,000 dock levelers, 2,000 building maintenance unit, dan 180 sistem parkir mobil otomatis dengan lebih dari 6,000 lokasi di region.

MP Residence

Konsep desain arsitekturnya Modern Tropis bergaya Maskulin. Bahasa garis-garis desain arsitektur yang tegas, kanopi kantilever lebar yang dilapisi repetisi susunan kayu ulin, serta tampak depan

Read More »