Rumah Senyaman Hotel

1000x100

Pemilik rumah adalah seorang Kontraktor Sipil yang sering bepergian ke luar kota, ketika dia berada di rumah, dia ingin bersama keluarganya merasakan suasana yang nyaman seperti layaknya tinggal di sebuah hotel.Merupakan suatu tantangan bagi Desainer Interior, Frans Tamasoleng, untuk mengubah interior rumah yang berada di sebuah cluster perumahan ini, menjadi seperti yang diinginkan oleh pemilik.

Mengusung tema ”Timeless Elegance”, dimana desain ditekankan pada penggunaan warna-warna soft natural seperti pada lantai marmer dan dinding wallpaper sebagai bagian dari kanvas interior dan menggunakan banyak aksen detil kayu dan gold sebagai penyeimbang. Elemen detil dekorasi yang diterapkan pada desain terinspirasi dari kultur etnik Indonesia, seperti dari motif batik, seni kerajinan kuningan, ukiran kayu solid, ataupun elemen seni abstrak yang berkesan natural dan tidak kaku.

Aktivitas di rumah dengan luas bangunan 209 m2 di atas lahan 10 x 15 m ini terpusat di ruang keluarga lantai satu yang terkoneksi dengan open pantry dan ruang makan. Konsep ‘hotel’ yang diterapkan menciptakan ‘visual ambience dan personal experience’. Ambiance yang elegan diperoleh melalui pemilihan warna bright warm neutral color dengan touch of blue sebagai aksen pada dekoratif elemennya, sedangkan personal experience diperoleh dari ‘sense of touch, smell, and hearing’ yang mendukung. Desain banyak bermain dengan kain-kain bertekstur yang memanjakan sentuhan penggunanya, sedangkan wangi aroma terapi dan sound system yang prima mendukung terciptanya suasana yang nyaman dan rileks. Furniture lepas seperti sofa dan kursi dibuat alluring dan tidak bersudut supaya lebih cozy.

Mendesain rumah kecil yang nyaman, fungsional, dan atraktif adalah dengan mendesain sesuai kebutuhan kliennya, tidak terlalu berlebihan secara bentuk, dan banyak menggunakan unsur material natural. Desain yang kalem, simpel, dan bernuansa hangat akan sukses memberikan kenyamanan maksimal. Meskipun terkesan simple, perpaduan warna furnitur, tekstur kain pada furniture, wallpaper, dan objek dekoratif lainnya sangat penting diperhatikan untuk mencapai sebuah komposisi yang harmonis dan seimbang.

Penulis Tamatama Design Associates @frans_tamasoleng
Konsultan Interior Desain: Tamatama Design Associates @tamatamadesignassociates
Kontraktor Interior: PT. Dempsey Nusantara @dempsey_nusantara
Fotografer: Pandji Adidjojo @fotoperspektif
Lokasi: Sedayu City Kelapa Gading, Jakarta
#majalahasrinesia #majalaharsitekturinterior #architectureinteriormagazine #house #arsitekindonesia #desainrumahtinggal #architecture #interior #like4like #lifestyle #designerassociation