Townhouse, Rumah Impian Keluarga Besar

1000x100

Merupakan suatu impian hampir semua orang tua di Indonesia agar nantinya bisa tetap tinggal bersama anak cucu dalam satu kompleks perumahan. Kekeluargaan kita sedemikian eratnya hingga anak yang sudah mempunyai anakpun masih melihat banyak sisi positif dengan tinggal bersama orang tuanya. Demikian pula dengan keluarga ini yang terdiri dari sepasang orang tua, dua anak yang sudah berkeluarga dan masing-masing sudah mempunyai anak.

Arsitek Denny Gondo diberi kesempatan untuk mewujudkan impian keluarga ini membangun suatu townhouse yang terdiri dari 3 unit rumah di Kramat Jati, Jakarta. Site berada di ujung jalan dengan bentuk mengantong sehingga privacy amat terjaga, dan berada di dalam kompleks ini amat terasa tenang.

Begitu memasuki gerbang, area parkir sudah langsung terlihat di ujung site. Dinding rumput di sebelah kiri jalan masuk mengesankan area parkir berada di basement, sedangkan area rumah berada di atas parkir dan service. Ketinggian ruang parkir dan service sengaja dibuat pendek sehingga lantai utama bangunan 3 lantai ini lebih mudah dicapai, dengan tangga dari parkiran dibuat landai agar nyaman digunakan.


Ciri khas Studio Air Putih amat kuat terlihat dalam desain townhouse ini. Tembok2 batu bata serta permainan massa dan bidang mengingatkan kita pada kantor Studio Air Putih #Batubata, milik Denny Gondo dan Joke Roos, yang memenangkan IAI Award di tahun 2018.

Kolam renang merupakan space terbuka pemersatu dari 3 unit rumah dalam kompleks townhouse ini. Permukaan kolam renang yang berada di ketinggian sekitar 2.5 meter dari muka tanah menjadikan tahap konstruksi kolam menjadi lebih sederhana tanpa menggali tanah. Selain itu space terbuka yang diangkat 2.5 meter di atas tanah juga menjadikan pandangan sekeliling menjadi lebih lapang dan bersih, karena tidak banyak terhalang oleh bangunan sekitar.

Innercourt yang berada di belakang bangunan berada pada ground level dengan bukaan hingga ke atas, ini memberi ventilasi dan pencahayaan alami dari lantai satu hingga tiga. Di innercourt ini ditanam pepohonan tinggi agar hijaunya daun membuat pandangan sejuk dari dalam bangunan.


Kesan bold dalam komposisi massa dan bidang amat terasa dalam penggarapan arsitek Denny, material yang digunakan juga terkesan rough dan maskulin. Garis yang diambil terkesan bersih dan simple, tidak ada detil yang berlebihan, suatu kesederhanaan bentuk yang terlihat mahal.


Pada foto2 terlihat bagaimana Denny menggunakan material alami berwarna natural seperti batu bata, batu alam, batu kerikil, bata kerawang dan handrail besi. Pintu dibuat dari potongan kayu solid yang disusun arah vertikal dengan finish warna natural. Skylight di atas tangga berupa susunan kubus aneka ukuran dicat putih. Pepohonan merupakan material alami yang memegang peranan penting dalam desain dan digunakan untuk menciptakan suasana segar. 

Penulis @halistyapramana
Arsitek @studioairputih @dennygondo
Fotografer @mariowibowo_
Lokasi : Kramat Jati, Jakarta
#majalahasrinesia #majalaharsitekturinterior #arsitekindonesia #townhousejakarta #karyaanakbangsa #architecture #architecturelovers #likeforlike #designerassociation

AJANG GREEN PROPERTY AWARDS 2018

Asrinesia.com – HousingEstate kembali menggelar ajang pemberian penghargaan Green Property Awards 2018 (GPA) untuk proyek properti yang dikembangkan dengan pendekatan hijau (eco friendly). Ajang GPA

Read More »