Tropikal Resor Modern

Rumah tinggal yang diliput ini sejatinya adalah sebuah karya redesain dari rumah pemiliknya yang lama terletak di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Di tanah yang luas dan berdekatan dengan lapangan golf ini, kemudian dirancang rumah baru sebagai rumah keluarga yang berkonsep modern tropis, terdiri dari rumah induk dan paviliun bagi anak-anaknya kelak. Bangunan dirancang sebagai satu kesatuan desain termasuk karakter arsitekturnya.

Bagian depan bangunan dirancang tertutup untuk aktivitas, tetapi terbuka dan transparan ke arah pemandangan lapangan golf yang hijau. Area hijau tersebut digunakan sebagai visual yang pasif (borrowing landscape) yang dimanfaatkan sebagai pemberi suasana ke dalam bangunan. Semua bagian bangunan dilengkapi dengan balkon serta gazebo dengan memanfaatkan iklim tropis, cahaya matahari dan angin. Pencahayaan alami hadir lewat screen yang menampilkan bayangan dari permainan tekstur bangunan, sehingga suasana tropical resort –nya sangat terasa.

Arsitek diberi kebebasan penuh untuk menuangkan ide dalam mendesain rumah ini. Diantaranya keinginan menempatkan bongkahan batu alam di living room dan kamar mandi, yang kemudian diganti dengan batu onyx. Begitu pula dengan kamar tidur yang dirancang seperti pendopo dengan high grand ceiling. Pemilik rumah hanya minta digunakan flat ceiling saja. Kamar tidur dirancang  seperti butik hotel lengkap dengan wardrobe, living room, teras dan balkon.

Material bangunan didominasi oleh material lokal yang natural, terutama batu-batu besar di area entrance, yang memberi kesan rumah ini kokoh, keras dan padat. Namun pada bagian belakang cenderung terkesan transparan dan ringan.  Area kolam renang berfungsi sebagai pengikat kegiatan dan massa bangunan. Disamping itu diperhitungkan juga beberapa penyesuaian terutama dari aspek feng shui. Hal ini terlihat dengan adanya gazebo di atas kolam renang. Rumah ini tidak hanya untuk keluarga, tetapi juga sebagai tempat berkumpul dengan teman dan relasi bisnis pemilik rumah.

Bangunan ini memiliki banyak taman, baik di bagian bawah bangunan maupun di bagian atas bangunan termasuk adanya vertical garden. Dengan demikian penghuni bisa merasakan adanya taman di seluruh bagian rumah. Nuansa dari setiap ruangan diharapkan memberikan suasana yang berbeda-beda. Bagian favorit yang paling disukai pemilik rumah, adalah bangunan gazebo di lantai atas bangunan sebagai tempat duduk santai sambil melihat pemandangan ke area lapangan golf.

Arsitek :  Yori Antar, IAI

Lokasi :  Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara.

Dua Seniman Besar di Kemang Reborn

Asrinesia.com – Sabtu (16/2), dua seniman besar Indonesia, Ananda Sukarlan dan Didik Nini Thowok akan memeriahkan pergelaran Kemang Reborn berupa peluncuran Arkana di Synthesis Residence

Read More »

4 Produk Dekoratif Terbaru Dari Conwood

Asrinesia.com – Conwood Indonesia meluncurkan 4 produk dekoratif untuk memenuhi karya-karya inovatif desain interior dan arsitektur. Produk terbaru tersebut dipamerkan di Megabuild Indonesia 2019 yang

Read More »