Buku Architecture : Beyond Building Diluncurkan

1000x100

Asrinesia.com – PT. Pandega Desain Weharima (PDW), meluncurkan buku berjudul Architecture: Beyond Building di Function Room, Pacific Century Place, SCBD, Jakarta. (22/8).

Buku yang diluncurkan sebagai penghargaan kepada pendirinya yaitu Profesor Danisworo, berisi kiprah perjalanan PDW dalam berpraktek sebagai seorang arsitek.

Buku setebal 335 halaman ini, dan ditulis dengan dua bahasa yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, dibuka dengan pertanyaan yang sederhana, apakah yang dimaksud dengan arsitektur ? Penjelasan mengenai filosofi praktek arsitektur yang ditanamkan Prof. Danisworo di PDW menekankan bahwa pemahaman arsitektur tidaklah terbatas pada bentuk bangunan saja. Arsitektur menjadi sebuah ruang bentukan yang memiliki kualitas kualitas fungsi, visual dan lingkungan.

Dalam praktiknya. arsitek tidaklah berdiri sendiri. Pengambilan keputusan dalam sebuah proyek merupakan proses negosiasi antara arsitek selaku profesional, pemilik bangunan sebagai inisiator, dan pemerintah sebagai kontrol melalui peraturan terkait dengan bangunan. Arsitektur merupakan bagian dari lingkungan binaan

Buku ini juga berisi beberapa esai yang ditulis oleh  mereka yang berkarya di PDW. Para penulis memberikan penggambaran bagaimana filosofi tersebut diterapkan dalam masing-masing tim yang ada di PDW. Esai esai tersebut merupakan buah pemikiran yang muncul dari isu isu yang ditemui dalam mengerjakan proyek-proyek arsitektur, urban desain. maupun desain interior. lsu yang dibahas melingkupi isu desain seperti penempatan dan bentukan ruang berdasarkan pendekatan ekonomis atau pun sosial, hingga perlunya kesadaran akan perkembangan kota dalam mendesain.

Selain itu terdapat 30 proyek yang di publish dalam buku ini. Proyek-proyek PDW yang dimuat dalam buku ini adalah contoh-contoh proses desain dari tahap konsep sampai dengan penyesuaian yang harus dilakukan di lapangan. lsu-isu yang telah disampaikan dalam pemahaman mengenai arsitektur maupun dalam esai-esai pada bagian awal buku ini juga ditunjukkan dalam proyek-proyek tersebut sehingga dapat memberikan kontribusi dalam perbendaharaan ilmu arsitektur.

Buku ini selesai ditulis pada akhir tahun 2018. Konten buku ini disusun oleh tim internal PDW dengan harapan bahwa proses berpikir maupun proses pembelajaran yang dilalui oleh PDW dapat tersampaikan secara langsung kepada pembaca. Buku ini akan merupakan awal dari penerbitan buku-buku PDW berikutnya yang akan ditulis berdasarkan pengalaman dan pengetahuan praktik perencana dan perancang lingkungan binaan.

Origami House

Dibangun tahun 2019 -2020, permintaan awal yang kami terima adalah “rumah yang elegant, simpel, dan nyaman”. Selain itu, hal lain yang dipertimbangkan juga adalah Feng

Read More »

Atraktif Dengan Stacking White Box

Gaya hidup masa kini menuntut rumah dengan tata ruang yang simpel, pengudaraan dan pencahayaan yang maksimal serta tampilan yang modern yang mengekspresikan karakter pribadi pemiliknya.

Read More »

Hunian Resor Bergaya Kolonial

Saya mau rumah “Jadul”… Itu inti kalimat pertama yang ditangkap pada saat sang pemilik menerangkan keinginan untuk membangun rumah barunya. Rumah yang ingin ditinggali bersama

Read More »