Danau Toba Ditetapkan Sebagai Unesco Global Geopark

1000x100

Asrinesia.com – Kaldera Toba atau yang lebih dikenal sebagai Danau Toba  ditetapkan sebagai UNESCO Global Geopark pada Sidang ke-209 Dewan Eksekutif UNESCO di Paris, Prancis, Selasa, 2 Juli 2020.

Kaldera Toba berhasil masuk daftar UNESCO setelah dinilai dan diputuskan oleh UNESCO Global Geoparks Council pada Konferensi Internasional UNESCO Global Geoparks ke-IV di Lombok, Indonesia, pada 31 Agustus-2 September 2019.

Setelah tersertifikasi tingkat dunia oleh UNESCO Global Geopark (UGG), Danau Toba akan semakin terkenal di level dunia dan yang terpenting memberi manfaat bagi masyarakat setempat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/KaBaparekraf) Wishnutama Kusubandio menyambut baik ditetapkannya Danau Toba di Sumatera Utara sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark (UGG).

Menparerkaf Wishnutama mengatakan, “Danau Toba bisa menjadi sumber pendapatan untuk masyarakat yang memiliki potensi tinggi untuk dikembangkan jadi destinasi. Memadukan 3 potensi utama yaitu geodiversity, biodiversity, culture diversity, Danau Toba memiliki peranan penting menopang sektor pariwisata.”

Menparerkaf menjelaskan, melalui pengembangan geopariwisata yang berkelanjutan, diharapkan akan membuat masyarakat setempat memiliki peluang untuk meningkatkan budaya, produk lokal, dan penciptaan lapangan kerja yang lebih luas.

“Penetapan ini memberi kesempatan plus tanggung jawab bagi Indonesia, untuk mendorong pengembangan perekonomian dan pembangunan berkelanjutan di kawasan sekitar,” kata Wishnutama.

Foto : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  

Chic Modern Style Home

Bagi sebagian orang, rumah sudah bukan sekedar tempat berlindung, tapi sudah merupakan cerminan dari lifestyle. Apalagi di saat pandemi seperti sekarang dimana orang lebih banyak

Read More »

Rumah Kayu Tahan Gempa

Ketika membangun rumah atau gedung  yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan bangunan dan detail konstruksinya, agar bangunan kuat dan tahan terhadap guncangan gempa. Indonesia yang

Read More »

Dua Seniman Besar di Kemang Reborn

Asrinesia.com – Sabtu (16/2), dua seniman besar Indonesia, Ananda Sukarlan dan Didik Nini Thowok akan memeriahkan pergelaran Kemang Reborn berupa peluncuran Arkana di Synthesis Residence

Read More »