Eksplorasi Ruang Dalam Rancangan

1000x100

Desain rumah tinggal tidak hanya mengakomodasi kebutuhan rumah tinggal atau mengekspresikan selera penghuninya saja, tetapi juga harus dapat memberikan pengalaman ruang yang berbeda sehingga rumah tinggal dapat meng-entertain penghuninya. Menariknya, karena pemilik tidak menyukai wajah bangunan atau fasad yang terlalu mencolok dan temporer, sehingga arsitek mewujudkannya dengan tampilan arsitektur yang lebih sederhana, long lasting dan menyatu dengan alam.

Pemilik rumah mengharapkan hadirnya kolam renang untuk menampung hobi seluruh anggota keluarga yang menyukai kegiatan berenang, sehingga area swimmingpool ini pun menjadi centre-point dari segala arah. Terutama kegiatan dari ruang-ruang yang ada di lantai ini dan bangunan dibuat dengan “wing system” yang menempatkan pool sebagai pusatnya.

Bangunan seluas 1500m2 dengan lahan seluas 1340m2 ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar berupa ruang semi basement yang diperuntukkan untuk garasi, ruang hobi, kegiatan gym, homecafe, ruang musik dan ruang servis. Lantai 1 terdapat ruang tamu, keluarga, ruang makan, pantry, ruang-ruang tidur, galeri dan kolam renang. Lantai 2 adalah ruang-ruang privat  seperti ruang tidur utama, ruang tidur anak dan ruang doa. Semua kebutuhan ruang tersebut menjawab respon keinginan pemilik yg meliputi hobi, serta karakteristiknya. Maka arsitek menerapkan konsep hunian yang dirancangnya sesuai dengan iklim tropis yang diberi sentuhan modern. Kepiawaian arsitek Egino salah satunya adalah gemar berksplorasi dengan ruang dan ini berhasil diwujudkan pada rancangan hunian ini.

Penulis @denyzasukma
Foto : Egino Tri Prasetyo @utopiafoto
Design by @utopiaarchitecture
Lokasi : Candi-Semarang
#majalahasrinesia #architectureinteriormagazine #arsitektur #interior #rumahtinggal #home #lifestyle #like4like #designassosiation

Kiuncy House

Belakangan ini terasa ada gerakan bangkitnya gaya Classical Luxury terutama untuk kelas rumah mewah di Indonesia dan nama arsitek Erwin Hawawinata lekat dengan gaya ini,

Read More »