1000x100

Ground Concept merupakan satu destinasi tujuan wisata kuliner yang menggabungkan 4 konsep restaurant yang menjadi satu kesatuan konsep dalam satu bangunan. Terletak di kota Makassar, bangunan seluas 2700m2 berdiri diatas lahan 1200m2 yang memiliki  3 lantai tersebut merupakan bangunan yang terdiri dari 4 restaurant.
Bangunan berdesign modern tropis ini, memiliki fasade cukup lebar 40M sehingga memiliki fasade yang dapat mewakili 4 restaurant menjadi 1 kesatuan tanpa memberikan kesan yang tidak seragam. Restaurant dibedakan dari sisi interiornya. Pada saat memasuki gedung ini terdapat parkiran didepan dan basement bangunan. 

Restaurant pertama  Seorae merupakan restaurant korea yang memiliki dua lantai. Restaurant kedua  Pat Bing Soo menyatu dengan restaurant pertama dilantai dua dengan konsep desert bar. Pat Bingsoo terdiri dari 3 area yaitu indoor dining & Bar area, kemudian outdoor yang menghadap kota dan outdoor area yang menghadap taman belakang. 
Restaurant-restaurant tersebut secara keseluruhan menerapkan unsur tropis dengan permainan warna vibrant pada furniture, Eksplorasi material mossaic yang dicustom dengan warna cerah dengan motif floral. Permainan material batu alam cream dipadukan dengan permainan kayu pada dinding dan plafon sesuai dengan konteks bangunan tropis yang membawakan kesan warm. Permainan lantai batu cobalt dipadukan dengan permainan material teracotta dan deck kayu ulin sebagai bagian dari eksplorasi material tropis. Sebagian besar restaurant memiliki view ke area ruang terbuka hijau berupa taman dan reflecting pool sehingga pengunjung bisa merasakan makan di restaurant yang kembali ke alam.  

Soho Spice, restaurant ketiga di dalam Ground Concept ini, merupakan restaurant asian fusion restaurant dengan area indoor dan outdoor yang tropis. Untuk masuk ke Soho Spice pengunjung diarahkan masuk melalui lorong panjang dengan permainan vertical greenwall di dinding. Kemudian pengunjung disambut dengan taman yang memiliki reflecting pool yang panjang sebagai center point dari seluruh restaurant. Di area tersebut terdapat seating area outdoor, dan alfresco yang menghadap kolam dan taman. Sedangkan area indoor suasana outdoor dibawa masuk kedalam dengan berbagai tanaman tropis dan bunga pada interior restaurant. 
Restaurant keempat East Ocean merupakan restaurant seafood & grill yang memiliki 2 lantai dengan konsep makanan seafood nusantara yang di mixed dengan chinese fusion. East Ocean memiliki grill bar yang terletak dioutdoor dan area dining yang terletak dilantai 1 dan lantai 2. Pada lantai dua East Ocean terdapat bar dan dining area yang menghadap tangga utama yang memiliki centerpoint berupa chandelier daun maple yang menjuntai dari lantai dua menuju lantai satu. Pada lantai dua East Ocean terdapat outdoor area yang menghadap ke taman belakang dengan view reflecting pool dilantai satu.

Penulis : Leo Einstein Franciscus
Arsitek dan Desainer Interior @einstein_and_associates
Fotografer William Kalengkongan
Lokasi @groundconcept, Makassar
#majalahasrinesia #majalaharsitekturinterior #arsitekindonesia #groundconcept #restaurantmakassar #seorae #patbingsoo #sohospice #eastocean #karyaanakbangsa #architecture #architecturelovers #likeforlike #designerassociation

SHARP Indonesia Luncurkan Kirei Sakura

Asrinesia.com – Peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menjadi tantangan tersendiri bagi PT SHARP Electronics Indonesia. Menghadapi situasi tersebut, SHARP menerapkan strategi guna menyesuaikan kinerja

Read More »

PAVILIUN RUMAH KACA

Bangunan paviliun ini didesain dengan menggunakan konsep ‘tropical hi-tech’ melalui penonjolan konsep transparan dari material kaca dan konstruksi baja sebagai struktur utamanya. Kemudian dikombinasikan dengan

Read More »

LG Bersiap Perkenalkan Styler

Asrinesia.com – PT. LG Electronics Indonesia (LG) dmemperkenalkan berbagai koleksi dalam seri LG Hygiene Care Solution sebagai varian produk elektronik rumah tangga yang fokus dalam

Read More »