1000x100

Proyek ini adalah proyek sekolah yang berlokasi di kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara. HighScope Institute Indonesia adalah institusi pendidikan yang telah berkiprah dalam dunia pendidikan di tanah air sejak tahun 1994.

Tantangan pada proyek ini adalah pada bentuk tapak perencanaan yang memanjang ke dalam, dimana pada bagian depan tapak terdapat jalur hijau yang juga berfungsi sebagai area buffer lintasan kabel tegangan tinggi. Tingginya kebutuhan ruang menuntut perencana untuk memanfaatkan setiap lahan yang ada yang sudah dibatasi oleh berbagai batasan sehubungan KDB-KLB, GSB, jarak bebas terhadap bantaran sungai dan jarak bebas terhadap jalur kabel tegangan tinggi. 

Perencana menyiasati bentuk massa bangunan yang memanjang sebagai hasil dari extrusi terhadap area buildable dengan menghadirkan 3 buat void pada sisis selatan tapak, berfungsi sebagai courtyard, untuk memasukkan cahaya dan pengudaraan alami ke dalam bangunan.

Main entrance ditandai dengan canopy, dengan pintu utama menuju area reception hall yang berceiling double height. Fasilitas dari sekolah ini amat lengkap dengan library,  auditorium berisi kursi yang disusun bertingkat, canteen, playground courtyard, indoor playing area, swimming pool dan yang paling utama adalah ruang kelas yang nyaman tentunya membuat anak-anak betah berkegiatan disini.

Narasi oleh Ao Architects

Arsitektur dan interior desainer : Ao Architects

Principal Architect : Antonio Nugroho

Project Architect : Michael Roesli

Interior Architect : Diana Ho

Main Contractor : PT Pulau Intan

All photos by Michael Roesli

Lokasi : HighScope Institute Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta

IAI Kini Memiliki DEWAN ARSITEK

Asrinesia.com – Akhirnya Indonesia yang memasuki usianya ke-75,  memiliki Dewan Arsitek Indonesia (DAI) sebagaimana yang di amanatkan di dalam UU nomor 6 tahun 2017 tantang

Read More »

Art Stone

Seni batu Suiseki adalah bongkahan batu alam yang menyerupai bentuk tertentu seperti bentuk manusia, binatang atau benda-benda tertentu lainnya. Namun seni dari batu yang lain,

Read More »