1000x100

Nyaman adalah suatu perasaan yang menyejukkan, menyegarkan, dan menenangkan. Nyaman adalah suatu kondisi yang didambakan setiap orang saat pulang ke rumah. Bagi arsitek Mozes Mulyawan, nyaman adalah faktor yang perlu dioptimalkan dalam suatu bangunan tempat tinggal tanpa mengurangi harmoni dari arsitektur, interior maupun fungsinya. Untuk mencapai kriteria tersebut, LAMP House diwujudkan demi kenyamanan owner yang menghendaki rumah didesain berdasarkan arahan dari fengshui dan banyak pengolahan efek lampu, karena owner juga merupakan pengusaha lampu. 

Facade pada rumah ini menggunakan allumunium panel dengan laser cutting bermotif ornamen dasar dari Batik Kawung yang menyerupai koin Cina untuk memberi makna pelindung dan membawa keberuntungan. Sebagai pelindung exterior, double skin facade dari rumah ini berfungsi mengurangi panas langsung sinar matahari, selain juga berfungsi sebagai penghalang pandangan dari luar ke dalam bangunan. 

Mulai dari entrance, void, hingga kamar mandi, LAMP House diolah berdasarkan Fengshui. Plafond kanopi menerus masuk menjadi plafond di area foyer sampai ke dalam rumah, didesain mempunyai efek 3 dimensi dengan memiringkan bidang bidang segitiga sehingga terlihat plafond menjadi tidak flat tetapi bergelombang seolah kain yang tertiup angin. Bentuk-bentuk bidang yang seolah masuk ke dalam bangunan ini diinspirasi dari aliran energi ‘Qi’ yang masuk ke dalam rumah yang diyakini membawa keberuntungan.

Pada void, fengshui terpancar dari tangga utama berbentuk melengkung dan melayang seperti angin mengalir yang selain berfungsi sebagai sirkulasi juga untuk masuknya cahaya alami ke setiap lantai pada sisi tengah bangunan. Lampu hias ruang dining dan plafond pantry juga memberi kesan mengalir pada rumah, seakan aliran energy ‘Qi’ dan keberuntungan mengalir masuk dari luar ke tiap-tiap sudut rumah. 

Master bathroom pada LAMP House memiliki makna fengshui mendalam dengan plafond berornamen Batik Kawung yang menerus di sepanjang ruangan, yang dipadukan dengan dinding marmer dan lantai granit hitam yang memberi kesan mewah yang balance. Meja wastafel sebagai focal point dari kamar mandi terinspirasi dari bentuk Ingot Yuanbao atau uang emas Cina Kuno yang memiliki arti keberuntungan, kemakmuran dan kekayaan. 

Memaknai fengshui lebih jauh pada LAMP House, panel kayu yang mendominasi interior rumah, lantai marmer dan cahaya warm light memberi efek pantulan cahaya keemasan pada tiap ruang. Furniture merupakan unsur penyeimbang dalam komposisi ruang dan warna. Secara keseluruhan, warna emas juga melambangkan kekayaan dan kesejahteraan. Oleh karena itu rumah dengan dominasi warna emas diharapkan bisa membawa keberuntungan dan kebahagiaan bagi penghuninya. 

Narasi oleh Vivian Lexiana Yoe (Mahasiswa Desain Interior, Universitas Kristen Petra)

Architect Mozaic Architects

Architect in Charge Mozes Architect

Contractor Irwan Tandra

Lighting Ssa Lighting

Photographer Mario Wibowo

Location: Pantai Indah Kapuk

#majalahasrinesia #asrinesia #mozaicarchitect #arsitekindonesia #architect #arsitektur #arsitek #interiorproject #moderndesign #rumah #fengshui #facade #architectureproject #interiorproject #moderndesign #modernarchitecture #architectureporn

The Breeze Block House

The house is located at the furthest edge of a matured residential neighbourhood in a hilly area of Semarang, Indonesia. The site is bordered by

Read More »