Modern Sanctuary

1000x100

Kehidupan sejak adanya pandemi telah mengubah gaya hidup, pola pikir, dan kebiasaan manusia secara global. Hal ini tercermin dalam tren penataan ruang yang semakin mengedepankan kenyamanan dan gaya hidup minimalis. Rumah sebagai tempat sebuah keluarga ‘mengakar’ dituntut untuk menghadirkan ruang-ruang yang menyenangkan dimana kegiatan sehari-hari dapat berlangsung dengan nyaman. Bahasa antar ruang luar dan dalam yang selaras menjadi sebuah kebutuhan untuk menciptakan kenangan dan perasaan yang hangat dalam rumah.

Sebagai tanggapan terhadap elemen Arsitektural, pada ruang dalam diimplementasikan bentukan arch yang selaras dengan ruang luar, sekaligus menjadi penanda transisi antara area foyer dan ruang duduk. Pemanfaatan ruang yang maksimal dihadirkan pada furniture penyimpanan vertikal dengan aksen profil yang simpel. Didesain tertanam dan simetris, bentukan vertikal yang berhadapan pada ruang makan dan ruang duduk menjadi latar yang kuat, tetapi tetap selaras. Hal ini sebagai bentuk komunikasi terhadap gaya Arsitektur rumah yang luwes, namun tetap modern dan fungsional.

Pemilihan furnitur dengan bentuk-bentuk organik yang elegan dipadukan dengan material natural seperti kayu, rajutan, dan anyaman menghadirkan atmosfer yang bersahaja dan membumi. Dengan menggali nilai-nilai filosofis kelokalan dan keberlanjutan, beberapa furnitur merupakan hasil pengrajin lokal dari Jepara, menggunakan material kayu yang menonjolkan serat alami. Material kain yang bertekstur dipilih sebagai pelembut sekaligus elemen dekoratif yang simpel. Pemilihan aksen kuningan untuk lampu gantung dan beberapa aksesoris dihadirkan supaya menjadi kontras yang menarik dari keseluruhan nuansa Interior yang didominasi warna-warna netral. Pada beberapa sekuens, dirancang panel-panel yang tersembunyi untuk memberikan kesan bersih dan praktikal, sekaligus menciptakan ruang pemisah antara yang privat dan yang publik.

Narasi            : Andira Murwani & Tania A. Lestiani
Arsitek           : Budhi Harmunanto BHA – Ajeng Suryadityasari (In Charge)
Interior          :  Akodhyat&Partners – @andiramurwani @anyalestiani
Photography : Pieter Kurniawan
Lokasi            : Citra Grand Semarang – Tipe Blossom