Penganugerahan Penghargaan Seleksi Desain Terbaik IGDS 2020

1000x100

Asrinesia.com – Pemerintah melalui kementerian Perindustrian kembali menyelenggarakan Seleksi Desain Terbaik Indonesia berupa Indonesia Good Design Selection (IGDS) tahun 2020, sebagai bentuk apresiasi kepada insan yang telah berdedikasi dalam pengembangan sektor Industri Kecil dan Menengah (IKM), serta insan kreatif yang telah menciptakan desain produk industri terbaik dan inovatif.

Penyerahan penghargaan IGDS 2020 tahun 2020 diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Bapak K.H. Ma’ruf Amin, yang juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita secara daring yang bertempat di ICE, BSD (10/12/2020).

Pada acara tersebut, Wapres RI, K.H Ma’ruf Amin memberikan sambutan dan apresiasinya kepada para peserta penghargaan. Ia mengatakan, tujuan kompetisi ini untuk mendorong partisipasi desainer dan perusahaan industri untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan  daya saing  yang baik. Selain itu juga bertujuan untuk mengembangkan produk terbaik melalui peningkatan  kualitas desain kebaruan dan inovasi yang sesuai dengan karakter bangsa kita.

Beliau juga memberikan apresiasi kepada para pelaku IKM yang telah bangkit dan kembali melanjutkan aktivitasnya di tengah pandemic covid-19 ini. Wapres juga menjelaskan bahwa kemajuan Indonesia merupakan kerja keras dari 3,8 juta pelaku IKM yang tersebar di seluruh penjuru Tanah Air. Untuk itu, pembangunan daya saing IKM perlu dukungan dan sinergi dari seluruh pihak, mulai dari pemerintah pusat maupun daerah, asosiasi, lembaga riset dan perguruan tinggi, hingga pihak swasta.

Selanjutnya, Kemenperin menjelaskan bahwa penghargaan IGDS 2020 ini mencakup dua kategori, yaitu Design Product, yang diperuntukan untuk desainer produk industri berkualitas baik yang telah dan masih diproduksi atau sudah dipasarkan. Sedangkan Design Concept  yang diberikan kepada mereka yang memiliki konsep desain produk industri berkualitas baik dalam bentuk purwarupa (prototype) dan atau sampel produk.

Dari total yang mendaftar di IGDS 2020  sebanyak 386 peserta, telah ditetapkan beberapa penerima penghargaan oleh dewan juri melalui mekasnisme dan kriteria yang sudah ditetapkan. Para dewan juri yang berjumlah 13 orang ini terdiri dari para ahli dari berbagai disiplin ilmu yang terkait di bidangnya, yaitu E. Ratna Utarianingrum (Ketua Juri), Rohadi, Ariana Susanti, Hastjarjo Boedi Wibowo, Rege Luhur Indrastudianto, Ira Samri, Dino Fabiant, Dr. Adhi Nugraha, Prananda L Malasan, RM. Satya Bramantya, Sonny Sepoetro, Rudi Budiman, dan Denyza Sukma.

Dirjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka, Gati Wibawaningsih, menambahkan, bahwa mekanisme pemberian penghargaan IGDS 2020 dilakukan melalui delapan tahap, yaitu sosialisasi dan pendaftaran, seleksi administrative, penjurian tahap pertama, pengiriman produk, penjurian tahap kedua, penjurian tahap ketiga, dan kategori people’s choice yang ditentukan oleh msayarakat.

Adapun penerima penghargaan IGDS 2020, Design Product kategori Good Design sebanyak 19 produk, kategori Best 20 sebanyak 16 produk, dan kategori People’s Choise sebanyak satu produk. Kemudian, penerima penghargaan IGDS 2020 Design Concept kategori Best 3 sebanyak tiga produk dan kategori Grand Award sebanyak satu produk.

Penerima Penghargaan IGDS 2020, Kategori Design Product : GRAND AWARD adalah Fin Komodo KD 250 X, dari perusahaan PT. Fin Komodo Teknologi, Designer : Ibnu Susilo

Kategori BEST 3 :

  1. Ndalu Series, dari perusahaan PT. Limesoda Kreasindo, Designer : Lucky Akbar Raditya.
  2. Vintage Ecoprint, dari perusahaan Sepatokimin, Designer : M. Hamzah Pramana
  3. Luxium Lamp, dari perusahaan PT. Matahari Alka, Designer : Santi Alaysius dan Hamphrey Tedja.

Kategori People’s Choise : Eboni Pamor, dari perusahaan Eboni Watch, Designer : Afidha Fajar Adhitya.

Penghargaan untuk DESIGN CONCEPT :

GRAND AWARD adalah Promithevo, dari perusahaan PT. Luwes Inovasi Mandiri,

Designer : Fauji dan Hari Pramujo.

Kategori BEST 3 :

  1. Tiar Chandelier, dari perusahaan PT Balagi Rattan, Designer : Andriano Simarmata.
  2. Ecosavior, dari perusahan PT. Eigerindo MP, Designer : Oki Lutfi Nurdin
  3. Pygmy, dari perusahaan Pygmy, Designer : Muhammad Amtsal dan Hilmy Abiyyu.

Pada kesempatan pemberian penghargaan itu, Menperin mengucapkan terima kasih kepada Tim Pelaksana Penghargaan, juga kepada dewan juri, yang telah menyukseskan rangkaian acara kegiatan ini.

Penulis : Denyza Sukma

Fotografer : Dino Febriant

Kokoon Hotel

Hotel Kokoon Banyuwangi yang hari ini merayakan anniversary satu tahunnya, merupakan  property  kedua di bawah naungan Kokoon Hotels Villas,  setelah yang pertama berdiri di Surabaya.

Read More »