PESONA BUNGA DI RUANG DALAM

1000x100

Untuk menciptakan daya tarik ruang dalam atau penataan interior, tentu tidak hanya sekedar mengatur tata letak furniture atau elemen-elemen interior lainnya. Dalam kegiatan desain interior telah banyak juga menggunakan unsur tanaman (softscape) untuk menghidupkan suasana ruang. Pesona unsur alami ini ternyata dapat menambah daya tarik pada ruang dalam. Penggunaan tanaman berbunga indah dapat menjadi “focal point”  atau “point of interest”.

Ruang publik seperti di hotel, perkantoran, mall, stasiun kereta api maupun bandara telah menggunakan dekorasi taman sebagai daya tarik ruang dalamnya. Di bandara internasional seperti Soekarno-Hatta, Kualanamu, maupun bandara Changi di Singapura menggunakan dekorasi taman untuk meningkatkan kualitas keindahan ruang tunggu yang membuat pengunjung tidak jenuh dalam menanti keberangkatan pesawat.

Pemilihan lokasi atau penempatan dekorasi taman merupakan pertimbangan yang utama, karena berkaitan dengan sudut pandang dan estetika visual. Penempatan tanaman di tengah ruang publik, akan dapat dinikmati pengunjung dari segala arah. Dekorasi ini sekaligus dapat menjadi “focal point” ruangan, sedang apabila ditempatkan di sudut ruangan dapat menjadi “point of interest” dan menambah keindahan interior ruang. Dekorasi ini juga dapat digunakan sebagai latar belakang (background) atau latar depan (foreground) dari suatu fungsi tertentu. Komposisi tanaman dari pohon, semak hias dan tanaman bunga dapat menjadi bias disesuaikan dengan karakter ruangnya dan mudah dalam pemeliharannya.

Penggunaan tanaman “indoor” sebagai elemen dekorasi interior pada umumnya bersifat sementara, atau secara periodik dapat diganti jenis tanamannya. Untuk mempermudah pergantian tanaman, secara teknis sebaiknya digunakan tanaman dalam pot atau polybag. Maka diperlukan fasilitas nursery untuk menampung tanaman dalam jumlah banyak guna merotasi tanaman.

Komposisi tanaman dapat menggunakan tanaman-tanaman yang tinggi sebagai latar belakang, dan tanaman rendah sebagai dasar komposisi, sedangkan tanaman berbunga indah seperti jenis Anggrek digunakan sebagai daya tarik.  Warna-warna bunga merupakan daya tarik keindahan yang sekaligus menambah daya pesona dekorasi taman.

Penulis : Iwan Ismaun |Foto : Djoni D.Waridan