Sarumpun Dapuran Awi

1000x100

Otensitas Cita Rasa Kuliner Sunda Di Dalam Arsitektur Bambu Ramah Lingkungan

Tidak kurang dari seribu tiga ratus batang bambu, bangunan sarumpun dapuran awi tegak berdiri.

Dengan konsep kontrasnya, bangunan dirancang seumpama oase di tengah kota.  Oase yang membuat pengunjung merasakan kesejukan dan kedamaian, seumpama menemukan mata air di padang pasir. Diapit dua massa bangunan fungsional bermaterial beton, ruang makan utama dengan arsitektur bambu tampil berbeda, memberikan nuansa baru di tepi pusat kota Soreang.

Konsep ruang yang playful dan terbuka dirancang dengan bentukan geometri dasar lingkaran dan oval sebagai pengembangannya, untuk menciptakan ruang open layout yang mengalir dan dinamis. Disini bambu menjadi material utama yang dipilih karena karakter kontras dan sifat organiknya serta material yang sangat ramah lingkungan.

Dengan kemampuannya yang dapat tumbuh dan dipanen dalam 3 sampai 5 tahun, serta kekuatan tariknya yang bisa menyamai baja, bambu adalah material masa depan. Bambu menjadi elemen pembentuk ruang yang paling dominan dan atraktif, tidak hanya untuk membentuk suasana ruang tetapi juga menciptakan detail-detail pertemuan yang unik dengan elemen arsitektur lainnya.

Detail-detail ini diselebrasikan dengan berbagai peralihan material yang diartikulasikan dengan pencahayaan setempat. Bangunan fungsional yang berada di samping kiri dan kanan, dirancang untuk menjadi bangunan penunjang seperti musholla, toilet pria dan wanita, kantor, serta ruang karyawan.

Selain bambu dan bangunan penunjangnya, elemen lanskap pun menjadi elemen yang tak terpisahkan.

Lanskap tidak hanya menjadi elemen ruang luar tetapi juga elemen yang merasuk dan menjadi bagian  dari ruang dalam bangunan. Selain meningkatkan kualitas estetika bangunan, lanskap juga berkontribusi meningkatkan kualitas ekologi kawasan dengan sumbangsih oksigen serta penyerapan polusi dari sekitarnya.

Penulis dan Arsitek RLA Studio (formerly PT Tsana Mulia)

Design and Build team member
Ir. Budi Faisal, MAUD., MLA., PhD., IALI. IAI.
Principal Dr-Ing Andry Widyowijatnoko, ST., MT., IAI.
@awi.bamboo | Bamboo & Structure Engineer

Gusti Yan Iwako, ST. MUD. (Candidate), IAI. | Project Architect

Sofia Chaeriyah, ST., MT., IALI.  @sofiachaeriyah | Landscape Architect

Nugraha Pratama, S.Ars.  @pratama_nugraha | Junior Architect

Bachtiar Luthfi, S.Ars. | Junior Architect

Alvida Auliana Ali, S.Ars. @alvidaulianali | Junior Architect

Izzatul Nafi Nabila, S.Ars. | Junior Architect

Imega Reski, S.Ars. | Junior Architect

Rizki Febiana, S.Ars. | Junior Architect

Photographer Zakky Ibrahim, S.Ars. @ibrahim_z

Lokasi: Sarumpun Dapuran Awi, Soreang, Kab Bandung

The Split House

Rumah beratap pelana berbentuk asimetri ini segera menarik perhatian yang melihatnya, bentuk yang tidak biasa namun secara keseluruhan terlihat seimbang. Adanya pohon besar di depan

Read More »