1000x100

Proyek Shifted House ini berlokasi di Padang, Sumatera di bagian barat kepulauan Indonesia. Shifted House atau Rumah Bergeser diberi nama sesuai dengan strategi desainnya menyesuaikan terhadap bentuk lahan yang trapesium. Ruangan pada Shifted House ini didesain paralel terhadap satu sisi lahan, sedangkan bagian atapnya paralel pada sisi lainnya lagi. Hal ini yang membuat terciptanya garis yang bergeser antara bangunan dan atap.

Atap bangunan menggunakan material logam alumunium bergelombang yang berbobot ringan, sebagai antisipasi metode struktur anti gempa. Hal ini dikarenakan, kota Padang rawan terjadi gejolak seismik karena lokasinya terletak di cincin api Pasifik. Shifted House ini memiliki konsep yang sangat mendalam dengan mementingkan kondisi lingkungan serta estetikanya. Hunian yang sangat nyaman dan unik, membuat semua orang yang tinggal didalamnya menjadi betah dan selalu ingin pulang ke rumah. 

Penat, letih dan lesu setelah selesai bekerja membuat orang ingin segera pulang ke rumah untuk beristirahat. Maka dari itu, suasana dalam rumah sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Desain rumah yang hangat, nyaman dan menarik dapat membuat pengguna rumah selalu nyaman tinggal didalamnya. Shifted House ini memiliki konsep desain yang sangat unik, selain memikirkan mengenai kondisi lingkungan sekitar, desain rumah ini juga sangat estetik dan keren. 

Penggunaan elemen kayu pada setiap sisi rumah memberi kesan hangat dan menghadirkan suasana alami dalam ruang. Semakin terasa alami dengan penggunaan warna earth tone, seperti warna abu- abu dan coklat. Penggunaan material granit pada beberapa bagian ruang, membuat rumah terkesan mewah dan modern. Banyaknya bukaan membuat sirkulasi udara menjadi sangat baik. Pencahayaan alami juga dapat masuk dengan leluasa kedalam ruang. Hal ini, dapat membuat ruangan menjadi sehat, asri dan tidak lembab. Desain rumah yang indah tidak hanya mementingkan estetikanya saja, namun juga harus mementingkan kenyamanan dan keamanan penggunanya. 

Konsep arsitektur bangunan dan interior ruang sangat selaras dengan makna dari nama Shifted House ini. Fungsi, kebutuhan, dan kenyamanan dari sebuah rumah sudah teraplikasikan dengan baik pada Shifted House ini. Adanya banyak taman serta kolam pada rumah membuat rumah ini terkesan semi outdoor dan sangat menyatu dengan alam. Penggunaan kaca pada sebagian besar sisi rumah, membuat rumah terkesan luas dan antar satu ruang dengan yang lainnya cukup dekat. Melepas penat setelah pulang bekerja, sambil melihat taman hijau dan juga mendengarkan suara air yang menenangkan. Air membuat suasana rumah menjadi dingin dan segar. Menikmati secangkir kopi sambil duduk ditaman dan bermain bersama keluarga adalah hal yang paling membahagiakan. Maka dari itu, rumah harus menjadi tempat ternyaman bagi penghuninya. 

Narasi oleh Anastasia Rabela (Mahasiswi Universitas Kristen Petra)
Arsitek TWS&Partners Principal Tonny Wirawan Suriadjaja
Fotografer Fernando Gomulya
Lokasi: Padang, Sumatera Barat

Program Sejuta Rumah Tembus 1Juta

Asrinesia.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)melansir tahun ini realisasi program sejuta rumah yang dicanangkan sejak akhir April 2015 di Semarang, untuk pertama

Read More »